Pembuatan/Perpanjangan Affidavit Duo Nationality

Hari ini mau berbagi soal Affidavit anak pernikahan campuran untuk kewarganegaraan ganda.

Sophie lahir tahun 2006, jadi dia langsung subject Kewarganegaraan Ganda, dan kami membuat Affidavit langsung setelah menerima passport asing (UK). Proses waktu itu (6 tahun yang lalu) cukup mudah, dari ambil formulir, isi form semua nya tidak ada halangan, yang ribet hanya sesi foto (new born baby, so much to bring and to do, but we survive!).

Waktu menerima Affidavit, saya keheranan karena hanya secarik kertas saja, waktu saya double check dengan petugas imigrasi, “ini benar hanya secarik kertas kecil pak?, untuk berapa lama, 18 tahun, kertas ini?” dan jawabannya adalah, “benar ibu”. Sepulang dari kantor imigrasi langsung mampir untuk laminating, karena gga mungkin kertas kecil ukuran 8 x 12 ini bakal bertahan selama 18 tahun.

Oke, 6 tahun berlalu, kita sudah yakin semua dokumen lengkap dan bahwa Affidavit tidak perlu diperpanjang, Sophie pun sudah ganti passport asing ke-dua dan saya juga sempatkan untuk membuatkan passport Indonesia untuk dia (untuk applikasi passport nanti saya tulis di bagian lain yach), jadi intinya merasa aman, PR sudah dikerjakan semua.

Suatu hari, saya baca status teman di FB kalau dia sedang memperpanjang Affidavit, kebakaran jenggotlah saya, baca sana sini ada yang menjelaskan bahwa kalau anak kawin campuran sudah punya passport Indonesia tidak perlu mengurus/memperpanjang Affidavit, yach tambah bingung, dan temen saya tercinta, dengan sabar jelasin kalau per peraturan baru, punya passport Indonesia harus tetep buat Affidavit, dan karna sekarang kartu Affidavitnya berbentuk seperti kartu atm, yang punya lembar kertas silahkan datang dan ganti sekalian, nah loooo….

Akhirnya setelah mama G (thank you G) dengan sabar ngasih detail apa saja yang dibutuhkan untuk memperpanjang Affidavit, dan dengan pertimbangan untuk ketenangan jiwa (halah) dan menghindari persoalan di imigrasi saat keluar masuk Indonesia, kita putuskan untuk perpanjang Affidavit nya …dan berangkatlah kita.

Domisili kami di Canggu, dan diharuskan ke Kantor Imigrasi I Ngurah Rai yang lokasi nya (per Nov 2014, karena kabarnya mau pindah) ada di Jalan By Pass Ngurah Rai, ini data data yang harus dibawa :

    1. Passport Asing Anak Asli dan fotocopy yang baru dan yang lama (perpanjangan).
    2. Affidavit Asli yang lama (perpanjangan)
    3. Fotocopy akta kelahiran anak
    4. Fotocoy passport Indonesia anak (Kalau Ada)
    5. Fotocopy KTP orang tua (Indonesia)
    6. Fotocopy Passport Asing orang tua (WNA)
    7. Fotocopy Akta Penikahan (dikantor imigrasi lain (Imigrasi Renon) ada informasi bahwa dibutuhkan juga surat lapor pernikahan dari Embassy asal WNA.
    8. Fotocopy Kartu Keluarga

Fotocopy Kitas/Kitab orang tua WNA (Kalau ada)Surat Permohonan Pembuatan/Perpanjangan Affidavit ditujukan kepada, dalam kasus saya : Kepala Imigrasi I Ngurah Rai, ditanda tangani ke-dua orang tua dan bermeterai 6000Surat Pernyataan Persetujuan Dwi Kenegaraan ditujukan kepada, dalam kasus saya : Kepala Imigrasi I Ngurah Rai ditanda tangani ke-dua orang tua dan bermeterai 6000Materai 6000 untuk ditempel di formulir.

Saya datang ke kantor Imigrasi dengan membawa semua data tsb diatas, dengan tujuan menghebat waktu, supaya tidak bolak balik, sampai dikantor imigrasi, minta formulir pembuatan Affidavit ke Customer Service dan mengambil nomor antrian.

Sembari menunggu nomor saya dipanggil, saya isi formulir, kalau tidak salah ada 4 lembar, salah satu formulir tersebut membutuhkan materai 6000, dalam formulir tersebut juga dibutuhkan PAS PHOTO terbaru anak 4 x 6 back ground merah 2 lembar, saya tidak bawa, karena  (thanks again G) menjelaskan nanti ada session ambil foto (spt buat Passport), jd tidak perlu bawa pass photo.

10 menit kemudian, nomor kami dipanggil, saya berikan semua data, dan menunggu lagi 10 menit untuk diperiksa apakah ada kekurangan, setelah lengkap, kami diberi jadwal untuk datang lagi dengan anak untuk foto and its done…

Informasi dari Mama G dan juga petugas imigrasi proses memakan waktu 2 minggu (drop formulir tunggu seminggu lalu foto tunggu seminggu dan jadi).

Harga untuk kartu Affidavit baru ini Rp 405ribu, lumayan mahal dibanding kartu Affidavit yang lama (secarik kertas itu) Rp 75ribu.

Thats it for now, semoga membantu.

Thanks again for Grace Fratschöl

Similar Posts

6 Comments

  1. Mbak aq mo tnya dunks..c affidavit yg berupa atm hrs qta perpanjang lg ga c? Aq diinfokan oleh otugas imigrasi..kt nya diperpanjang mengikuti paspor asing anak ms berlaku nya. .thanks

  2. btw mbak, mengenai perpanjangan kartu affidavit tadi apakah ada aturan tertulisnya?
    trus ngurus perpanjangannya apakah harus di Indonesia atau bisa di kedutaan ya?

    thanks…

  3. Kl mau ajuin affidavit baru jg syaratnya sama ya mbak? Trus akte lahir anaknya perlu di bw ke catatan sipil kah? Thanks.

  4. Halo mas saya mau tanya. Suami saya warga negara canada dan saya sendiri indonesia. Apa betul di sertifikat affidavit dan di kartunya itu yang dicantumin no paspor ayah nya? Anak saya hanya punya paspor indonesia dan mereka mencantumkan no paspor ayah nya saja di kartu dan sertifikat. Saya takutny mereka salah ketik atau memang seperti itu ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *