Kenapa wanita perlu latihan Kekuatan

Latihan Kekuatan atau strength training untuk wanita terkadang di nomor dua kan, salah satu alasannya adalah takut menjadi kekar berotot. Kekar berotot untuk wanita sendiri memerlukan proses yang panjang dan tidak mudah, karena tubuh kita dibangun berbeda dari laki laki, contohnya hormon.

Tapi kita tidak akan membahas itu, kali ini kita akan bahas manfaat yang bisa kita dapat dari latihan kekuatan.

Manfaat latihan kekuatan :
1.Mempertahankan dan meningkatkan massa otot.
Massa dan kekuatan otot berkurang seiring dengan bertambah nya usia (sarcopenia), jadi perlu dilatih supaya gga keterusan (ngurangi penurunan) atau at least mempertahankan.

2. Meningkatkan kepadatan tulang.
Berhubungan dengan bertambahnya usia juga, kepadatan tulang kita akan berkurang jika tidak ditangani. Osteoporosis bisa kita kurangi bahkan tangkal dengan latihan kekuatan.

3. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh.
Latihan kekuatan yang terencana dan seimbang dengan menggukanan seluruh bagian tubuh secara merata.

4. Membantu melatih kebugaran/stamina
jadi gga ngegemesin klo diajak jalan apalagi naik tanjakan.

5. Membantu memenuhi tujuan peningkatan atau penurunan berat badan.
Betul, tergantung tujuan kita apa, naik atau turun, lakukan latihan terencana dan yang terpenting asupan makanan harus sesuai dengan tujuan. Jika ingin naik berat badan, kalori surplus, jika ingin turun maka sebaliknya kalori minus.

6. Menyehatkan pikiran, memacu semangat, memberikan rasa puas.
Kesehatan mental sangat penting sepenting kesehatan tubuh jasmani, dengan olahraga, releasing hormong yang membuat kita terpacu, puas dan bahagia membantu menyehatkan pikiran kita. Selain itu “me time” atau waktu untuk diri sendiri dalam rangak memelihara “self love” rasa cinta terhadap diri kita sendiri, adalah kunci kesehatan mental.

7. Bisa ‘ngerjain’ anak yang ngerecokin anak ku!
Setengah serius, rasa percaya diri pasti akan lebih besar, ketika kita tahu kita telah merawat diri sendiri dan merasakan manfaatnya, tubuh menjadi lebih kuat, stamina endurance membaik, maka kepercayaan diri pun naik. Nah sekarang ambungin sendiri sama keadaan kalau ada anak yang ngerecokin anak kita? Heheh. Kidding.

Latihan kekuatan banyak macemnya gga cuman angkat berat barbel saja, ada dumbell, kettlebell, resistance band dan juga berat tubuh.

Dan here is the Kicker kecuali barbel, latihan kekuatan yang lain nya bisa dilakukan dirumah juga.
Catatan, untuk yang baru mulai: Dengan pengetahuan teknik yg benar atau ikuti video dr instruktur.

Untuk bugar atau Fit kita juga perlu melatih jantung, jadi latihan cardio tetap diperlukan, gga usah bayangin yang susah susah, jalan cepat, cardio jugah.

Tubuh kita juga perlu latihan mobility gga cuman flexsibilty, nah semua gerak yang kita lakukan sudah melatih mobility tapi mungkin ada beberapa sisi yang kita lewatkan.Ntar dibahas lain waktu yach.

Ayo mulai latihan kekuatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *