Cara Memperbanyak SUKULEN yang Tepat

Memperbanyak Sukulen

Untuk lebih memastikan kelangsungan hidup, makhluk hidup memperbanyak diri, termasuk tanaman sukulen, yang juga beradaptasi dalam proses memperbanyak diri. Sukulen memperbanyak diri bukan hanya dengan biji, banyak spesies sukulen yang juga memperbanyak diri secara spontan dari daun, cabang yang jatuh juga tunas.

Daun sebagian sukulen dapat dengan cepat berakar di tanah yang kering. Sukulen lainnya, seperti bryophyllum, membentuk tanaman kecil yang berkembang dengan baik pada batang atau daunnya yang hanya 1 helai dan kemudian jatuh ke tanah siap tumbuh. Bahkan buah hijau dari kaktus tertentu dapat menjadi pejantan jika mereka menyentuh tanah.

Baca juga:

Sukulen dikenal sebagai tanaman yang mudah diperbanyak atau dibudidayakan.

Sukulen dapat dinikmati baik dari variasi ukuran, bentuk, duri dan bunga. Belum lagi warna baik dari batang, daun dan juga bunga yang beragam dengan bentuk dan ukuran mini sampai raksasa.

4 cara membudidayakan atau propogasi sukulen :

  1. Propagasi dari tunas atau pups
  2. Propagasi stek daun
  3. Propagasi stek batang
  4. dan Propagasi dari biji

2 Media Propagasi sukulen

  1. Air
  2. Tanah

Jangka waktu propagasi sukulen baik dengan air maupun tanah, setiap spesies akan berbeda tergantung banyak faktor termasuk kwalitas air, kwalitas tanah, iklim, dan kualitas dari sukulen itu sendiri.

Selamat mencoba.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *