23 Replies to “UU Keimigrasian baru beri kemudahan bagi pemegang ITAS & ITAP karena kawin campuran”

  1. ap bener sudah tdk di persulit lg dalam mengurus pernikahan dengan orang asing”? kmrin saya dengar orang jawa tengah menikah dengan orang pakistan tapi mereka tidak di beri kemudahan tuk memperpanjang visa” dan juga katanya biaya nya juga tidak sedikit bahkan puluhan juta” kenapa hal ini terjadi? knp tdk di permudah saja ”dan saya juga dengar memperpanjang visa walau pun bisa tapi harus mengambil visa itu ke malaysia” apa maksudnya itu” knp begitu rumit yg saya dngar.. tolong jelas kan kenapa sampai begitu? thnks…:)

  2. Assalamuálaikum wr wb,
    Saya ingin menanyakan, bagaimana prosedure untuk membuat ijin tinggal suami wna di Indonesia? sekarang kami tinggal di luarnegeri, apakah bisa kami mengurus dari luar negeri? karena kami ada ke inginan untuk tinggal di Indonesia negeri tercinta.
    atau keluarga di Indonesia dapat membantu mengurus ini?
    mohon informasinya dan terimakasih.

    Salam Hormat kami,
    Marni

  3. Hari Raya yang lalu (2011), saya dan keluarga akan berkunjung ke indonesia. Suami warga negara asing dan kami tinggal di Kuwait, tetapi kami dipersulit oleh staff lokal KBRI di Kuwait sehingga terpaksa saya berlibur sendiri ke indonesia. Suami tidak mendapat visa, pada hal semua kelengkapan persyaratan telah kami penuhi.
    Hanya karena arogansi staff lokal di KBRI kami mengalami kerugian moril dan materil.
    Semoga kejadian ini tidak terulang lagi.

  4. Terima kasih infonya, karena sy mempunyai anak yg ikut WNA. sangat berterima kasih juga kepada pemerintah Indonesia yg care terhadap WNI yg menikah dg WNA.

  5. Saya WNI menikah dengan WNA dan kami telah mempunyai 2 orang anak.Selama ini suami saya bekerja di indonesia dengan sistem kontrak dan mengurus Visa setiap tahun,Kami ingin menanyakan bagaimana cara dan syarat-syarat apabila ingin mengurus izin tinggal 5 th untuk WNA kawin campuran? Mohon informasinya dan atas perhatiannya sebelumnya kami mengucapkan terima kasih.

  6. Hi,my husband is from nz and now live in Indonesia with KITAS sponsored by me.we have been married for 1 year 2 months.he has an offered to work in a company but when i went to immigration they said i need to change his kitas from sponsored by wife to kitas sponsor by company.is that true?i heard the new law is the foreigner who married indonesian can work without permit.
    Hope to hear from u soon.thank you

  7. mau tanya donk…gmna sich dan apa syaratnya kita menjadi penjamin biar orng asing bsa dayeng ke indonesia,,soalnya kedutaan negara asing minta ada penjamin dari indo…tolng kasih saran donk..

  8. permisi saya mau tanya,
    saya warga negara asing pemegang ijin tinggal tetap, bagaimana cara saya menikah dengan wni di Indonesia,, terimakasih atas info nya

  9. ebelumnya thank infonya sangat membantu….yg ingin saya tanyakan saya wni menikah dengan wna mau apply itas apakah harus bikin visa sosial budaya dulu? dan mohon email referensi tentang apply itas ..thank u Athina

  10. Salam kenal, trimakasih untuk infonya .. Saya mau tanya, apakah benar jika pasangan WNA ingin membuat ITAS tidak perlu visa kerja atau sponsor dari pasangan WNI, dan dapat bekerja mencari nafkah di Indonesia ? Setahu saya jika ingin membuat KITAS harus ada sponsor dari tempat kerja atau sponsor suami/istri WNI (dengan sponsor suami/istri WNI, WNA tidak diperbolehkan bekerja di indonsia). Jika memang tanpa sponsor atau visa kerja, apa saja syaratnya ? Mohon infonya, trimakasih .

  11. Salam kenal,
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas infonya diatas yang sangat membantu.. saya ingin bertanya: bagi eks WNI yang berpindah ke WNA apakah bisa ITAP diperoleh sebelum kedatangan ke Indonesia, kalau bisa prosesnya seperti apa? ataukah ini hanya bisa di proses pada saat sudah di Indonesia?

    Mohon informasinya dan saya ucapkan terimakasih sebelumnya. Nia

  12. Hello saya bersuamikan wna yg sudah kami jalani 10 th dg anak kami 8 tahun .tapi untuk itapnya pun menurut informasi tetap dibelum terealisasi .mohon saran atau instasi manakah saya bisa memdapatkan info ,tefima kasih

  13. Salam kenal,
    Saya ingin menanyakan, bagaimana prosedure untuk membuat ijin tinggal suami wna di Indonesia? sekarang kami tinggal di luarnegeri, apakah bisa kami mengurus dari luar negeri? karena kami ada ke inginan untuk tinggal di Indonesia. Usia pernikahan kita 3 tahun dengan 2 anak.
    atau keluarga di Indonesia dapat membantu mengurus ini?
    mohon informasinya dan terimakasih.

    Terima kasih

  14. saya menikah dgn warga syria sudah 1 th, tp sampai saat ini blm bisa tinggal bersama, bagaimanakah caranya untuk bisa mendapatkan ITAS, persyaratan apa saja yang harus saya persiapkan.. adakah mungkin seseorang yang bs saya hubungi? terima kasih sebelumnya..

  15. Erlina :
    Hi,my husband is from nz and now live in Indonesia with KITAS sponsored by me.we have been married for 1 year 2 months.he has an offered to work in a company but when i went to immigration they said i need to change his kitas from sponsored by wife to kitas sponsor by company.is that true?i heard the new law is the foreigner who married indonesian can work without permit.
    Hope to hear from u soon.thank you

    Hi Erlina , i come from outside and have the same question . Is it possible that i can work without permit ? I hope to hear soon from u .thank u Ruud. My email is ruudvandalm@yahoo.id.co.

  16. saya ingin mengurus pembuatan paspor anak dari sepupu saya yg sudah meninggal . Ibu anak WNI menikan dengan WNA dan mempunyai anak 2 orang usia 10 tahun dan 4 tahun. Ibu anak meninggal 3 tahun yll dan saat ini anak menjadi anggota kelg saya ( anggota KK saya ) mohon penejlasannya.

  17. Apakah benar dengan ITAS WNA suami dari WNI bisa mencari pekerjaan di indonesia untuk memenuhi kebutuhan hidup? apakah UU ini sudah disahkan dan sudah berjalan
    Mohon sekali untuk info ini, dan apakah ketika WNA menikah dengan WNI kemudian setelah pernikahan keluar dari indonesia ( ke malaysia ) dan akan kembali lagi ke indonesia ITAS dan Multiple entry permit indonesia bisa langsung di buat dan di proses secepatnya?

  18. Saya bersuamikan wna..6tahun menikah.2 tahun pertama hidup brsama di indonesia.sdh 4 tahun ini suami di luar negri karena suatu pekerjaan yang membuat suami saya belum bisa pulang.tahun depan suami akan datang dan menjemput saya.pastinya saya harus siap siap untuk membuat paspor.tapi petugas imigrasi meminta kelengkapan fotocopy paspor suami dan surat jaminan.apa yang dimaksud surat jaminan tersebut?
    Jika yang dimaksud sponsor itu harusnya permintaan dari kedutaan.paspornya saja belum keluar kenapa minta surat jaminan? Yang saya ketahui jika sudah ada akte nikah harusnya sudah kuat tp kok dipersulit.

    Mohon info dan penjelasanya.Trimakasih

  19. Hi Indah,
    Untuk pemegang Kitas sponsor istri setahu saya bisa bekerja, kalau ikut perusaaan maka perusahaan akan mengurus IMTA (ijin memperkerjakan tenaga kerja asing).
    Tx

  20. sekarang sudah mudah mengurus document ke imigrasian karena benar2 kerjanya,ngak seperti waktu pertama saya mengurus sizing tinggal utk suami saya(wna),utk yg mau mengurus alangkah baiknya ands dtng langsung utk mengurusnya jgn melalui. agenda.

  21. Apakah benar ada peraturan baru yg menyatakan bahwa KITAS yg sponsor istri boleh bekerja untuk menafkahi keluarga?
    Jika benar, mohon kirimkan sy Peraturan yg menyatan tentang hal tsb. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *