Tentang Nusa Penida

Akhirnya kesampaian juga jalan jalan ke pulau tetangga setelah dibuat penasaran dengan foto foto di instagram dan dikomporin sama anak anak.

Ini beberapa point yang harus kamu tahu tentang Nusa Penida, sebelum bisa mutusin pergi atau gga :

1. Butuh 45 mins dari pantai Sanur ke Nusa Penida dengan fast boat, yang kondisi tergantung ombak, kalau tenang yach nyaman, kalau lagi tinggi ombak (boat sore biasanya punya chance kena ombak gede, tergantung musim) yach bisa naik turun deg deg an gitu deh (minum obat anti mabuk).

2. Kebanyakan jalan penghubung (pada saat tulisan ini dibuat) masih sangat jelek, jadi kalau kamu punya sakit punggung, hamil muda, suka mabuk mobil, atau suka merengek, dipikir lagi yach.

3. Kondisi jalan lagi nih, masih batu putih dan pasir, kalau musim kemarau jadi berdebu, jadi buat kamu yang alergi debu atau sensitive siap siap bawa masker.

4. Medan menuju lokasi kebanyakan turun tebing, ada yang baik ada yang curam, jangan lupa, ada turun brarti ada naiknya:), butuh stamina yang baik (banyakin ajah berhenti nya, tapi minggir ditempat yang aman yach).

5. Karena Medan yang agak berat, kadang licin, paling nyaman sih pakai sepatu, atau pakai sendal yang grip nya bagus (saya bawa spare sendal di tas, buat jaga jaga turun ke pantai – walaupun dilepas juga nanti, tapi sepatu jadi gga basah)

6. Oyach, kalau kamu beli paket wisata harian/ lebih, boat biasa berangkat dari Sanur mulai jam 8 pagi jadi siap siap bangun pagi buat ke pelabuhan di Sanur (kalau tidak dijemput driver travel agent nya).

7. Banyakin uang receh, karena fasilitas toilet hampir  semua berbayar disana :).

8. Kamera/handphone (eh btw signal disana gga bugus yach – tapi banyak wifi kok diwarung warung), Extra memory, Kabel charger, Power bank, (selfie stick :)) tas anti air buat naruh semua items itu tadi (jaga jaga kalau mau turun ke air).

9. Bawa bekel botol air yach, biar gga banyakin plastik botol disana :).

Sip, siap berangkat!

Nusa Penida adalah bagian dari Bali, masuk dibawah Kabupaten Klungkung, pulau pulau disampingnya adalah Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Nusa Penida adalah pulau terluas di banding Ceningan dan Lembongan, tetapi Lembongan lebih dahulu dikenal wisatawan dan memiliki lebih banyak fasilitas untuk wisatawan.

Nusa Penida sendiri baru mulai ramai tahun 2016, dari cerita driver yang mengantar kami, dimulai dari turis yang mampir dari Lembongan kemudian share photo photo di instagram, and boom! Sekarang Nusa Penida cukup ramai wisatawan baik lokal maupun international. Kebanyakan mereka datang dengan tour guide dan membeli paket wisata (1 hari, 1 hari 1 malam, 2 hari 1 malam) itu adalah beberapa yang paling laris, dan sebagian lagi wisatawan solo, biasa mereka kita temui naik motor sendiri.

Next : Semalam di Nusa Penida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *